MATEMATIKA KELAS X

Pertemuan ke - 1

BAB 1

OPERASI  BILANGAN  REAL

 

  Standar  kompetensi :  Memecahkan masalah berkaitan dengan konsep bilangan real

  Kompetensi Dasar

·         Menerapkan operasi pada bilangan real

·         Menerapkan operasi pada bilangan berpangkat

·         Menerapkan operasi pada bilangan irrasional

·         Menerapkan konsep logaritma

 

A.      Sistem Bilangan Real

Bilangan atau angka  adalah alat bantu untuk menghitung pada kehidupan sehari – hari . Oleh karena itu  pengetahuan tentang bilangan harus diketahui setiap orang.

Matematika erat  sekali kaitannya dengan bilangan- bilangan . Bilangan – bilangan tersebut dapat di bedakan berdasarkan definisi tertentu sehingga bilangan – bilangan tersebut dapat dikelompokkan menjadi suatu himpunan bilangan tertentu pula. Misalnya 1, 2, 3, … dan seterusnya dapat di kelompokkan kedalam himpunan bilangan asli. Himpunan bilangan asli tersebut dapat ditulis dengan notasi A = { 1, 2, 3, 4, 5, ….}

Himpunan bilangan – bilangan secara skematis dapat di tunjukkan pada bagan berikut

 

      I

  

1.       Himpunan Bilangan Asli

Himpunan bilangan asli didefinisikan sebagai himpunan bilangan yang diawali dengan angka 1 dan bertambah satu-satu. Himpunan bilangan ini dilambangkan dengan huruf A dan anggota himpunan dari bilangan asli dinyatakan sebagai berikut.  

A = {1, 2, 3, 4, ...}.

 

       2.      Himpunan Bilangan Cacah

Gabungan antara himpunan bilangan asli dan himpunan bilangan 0 ini disebut sebagai himpunan bilangan cacah. Himpunan bilangan ini dilambangkan dengan huruf C dan anggota himpunan dari bilangan cacah dinyatakan sebagai berikut:

C = {0, 1, 2, 3, 4,...}.

3.        Himpunan Bilangan Bulat

Himpunan bilangan bulat adalah gabungan antara himpunan bilangan cacah dan himpunan bilangan bulat negatif. Bilangan ini dilambangkan dengan huruf B dan anggota himpunan dari bilangan bulat dinyatakan sebagai berikut:

B = {..., –3, –2, –1, 0, 1, 2, 3, ...}.

 

4.   Himpunan Bilangan Rasional

Himpunan bilangan rasional adalah himpunan bilangan yang dapat dinyatakan dalam bentuk p/q , dengan p, q E B dan q ≠ 0. Bilangan p disebut pembilang dan q disebut penyebut. Himpunan bilangan rasional dilambangkan dengan huruf Q. Himpunan dari bilangan rasional dinyatakan sebagai berikut:

 

 

5. Himpunan Bilangan Irasional

Himpunan bilangan irasional adalah bilangan yang tidak dapat dinyatakan dalam bentuk  p/qdengan p, q E  B dan q ≠ 0. Contoh bilangan irasional adalah bilangan desimal yang tidak berulang (tidak berpola), misalnya: 2, π, e, log 2. Himpunan bilangan ini dilambangkan dengan huruf I.

 

II.  Operasi Hitung pada Bilangan Riil

 

A.      Operasi Hitung Pada Bilangan Bulat

1.       Penjumlahan dan Pengurangan


 

pertemuan ke - 2

pertemuan ke - 3

   III. Perbandingan

      Perbandingan dua buah nilai dari besaran yang sejenis dapat dinyatakan sebagai perbandingan atau pecahan biasa . Misal 6 : 7 atau .7/6

Ada  dua jenis perbandingan , Yaitu

1.      Perbandingan senilai

      Perbandingan disebut perbandingan senilai jika dua perbandingan harganya sama

Contoh soal :

Pendapatan ayah dan ibu dalam satu bulan adalah Rp 3.500.000,00 jika perbandingan antara pendapatan ayah dan ibu 4 : 3 berapakah pendapatan masing – masing ?

Jawab :

Jumlah perbandingan 4 + 3 = 7

Latihan 5 :

1.       Setengah kilogram tawas harganya Rp 2.000,00. Berapakah 4 kilogram tawas ?

2.       Dalam suaty perjalanan sejauh 40 Km, sebuah mobil memerlukan bahan bakar sebanyak 8 liter b ensin. Jika mobil itu menempuh perjalanan sejauh 120 Km, berapa banyak bahan bakar yang di perlukan ?

3.       Seorang petani mempunyai persediaan makanan untuk 80 ekor ternaknya selama satu bulan. Jika petani tersebut menambah 20 ekor ternak lagi, berapa hari persediaan makanan itu akan hbis ?

4.       Kereta Api “ Cirebon Express” jurusan Jakarta – Cirebon dalam keadaan normal menempuh perjalanan selama 3,5 jam dari Jakarta ke Cirebon  dengan kecepatan rata – rata 80 km/jam. Karena suatu hal, pada suatu perjalanan kereta berangkat dari Jakarta pukul 10.00 tetap tiba ditempat tujuan pukul 15.00. Berapa kecepatan rata-rata perjalanan kereta tersebut ?

5.       Berat badan Budi adalah 60 kg dan berat badan Rita adalah 45 kg. Berapakah perbandingan antara berat badan Budi dan Rita ?

6.       Seorang petani menanam 2 jenis padi pada lahan miliknya. Pada musim tanam I, ia menanam padi dari bibit biasa dan pada saat panen ia mendapatkan 900 kg gabah. Pada musim tanam II, ia menanam padi dari bibit unggul dan pada saat panen ia mendapatkan 1,2 ton gabah. Berapakah perbandingan hasil panen tersebut ?

7.       Jika 5 batang coklat harganya Rp 27.500,00, berapakah harga 16 batang cokelat ?

8.       Harga dua lusin paku beton adalah Rp 3.600,00.Tentukan

a.       Harga 5 batang paku beton

b.      Dengan Rp 2.100,00, berapa banyak paku yang di peroleh ?

9.       Suatu pagar tembok dapat di bangun oleh 12 orang pekerja dalam waktu 10 jam. Tentukan waktu yang di perlukan untuk membangun pagar itu jika hanya tersedia 5 orang pekerja /

10.       Sebuah kapal dapat di buat oleh 45 orang selama 24 hari. Jika ada pesanan kapal harus selesai dalam waktu 18 hari berapa orang pekerja yang di perlukan?

       Latihan 6 :

1.      1.  Jarak antara Jakarta dengan Bandung pada peta 10 cm. Jika skala gambar 1 : 5.000.000. Berapa km jarak Jakarta Jakarta - Bandung sebenarnya ?

2.      2.  Seorang arsitek ingin menggambar perencanaan sebuah gedung sekolah dengan skala 1 : 3000. Jika luas tanah yang akan dibangun adalah 750 m², berapakah luas tanah pada gambar ?

3.     3.   Sebuah peta di buat dengan skala 1 : 200.000. Tentukanlah :

a.       Jarak sebenarnya, jija jarak pada peta 15 cm

b.      Jarak padapeta, jika jarak sebenarnya 120 km

4.      4.  Jarak Jakarta – Yogyakarta 600 km. Jika di dalam peta jarak keduanya 15 cm, tentukan skalanya?

5.     5.   Jarak kota A dan kota B pada peta 5 cm. Jika jarak sebenarnya dari kedua kota itu adalah350 km, berapakah skala yang di gunakan ?


 

Latihan 7

1.       Pedagang elektronik menjual televisi 16 inci seharga Rp1.500.000,00 dan memperoleh kerugian 25% dari penjualan tersebut, maka harga pembelian pedagang itu ialah ….

2.       Sebuah toko baju sedang melakukan promosi besar-besaran yang memberikan diskon sebesar 25% untuk semua produknya.

Pertanyaannya, apabila kita berbelanja senilai Rp. 800.000,00, maka berapa uang yang harus kita bayar?\

3.       Sebuah koperasi sekolah membeli lima lusin buku seharga Rp. 150.000,00. Jika harga jual sebuah buku Rp. 2.800,00, maka persentase keuntungan yang diperoleh koperasi tersebut adalah…

a.        4%

b.       6%

c.        10%

d.      12%

e.       14%

4.       Sebuah TV dibeli dengan harga Rp. 2.000.000,00, dan di jual dengan harga Rp. 2.400.000,00. Hitunglah persentase keuntungan dari harga pembelian dan dari harga penjualan!

5.       Beras dibeli dengan harga Rp.168.000,00 per-50kg, kemudian dijual harga Rp.2.100,00 tiap ½ kg. Persentase keuntungan dari harga pembelian adalah…

Pertemuan ke -

B.   KKompetensi Dasar : Menerapkan operasi pada bilangan ber-pangkat

Indikator :

1.      Bilangan berpangkat dioperasikan sesuai dengan sifat-sifatnya.

2.      Bilangan berpangkat disederhanakan atau ditentukan nilainya dengan menggunakan sifat-sifat bilangan berpangkat

3.      Konsep bilangan berpangkat diterapkan dalam penyelesaian masalah.

a. Pengertian Pangkat Bulat Positif

Jika adalah bilangan riil dan bilangan bulat positif maka an (dibaca "pangkat n") adalah hasil kali buah faktor yang masing-masing faktornya adalah a. Jadi, pangkat bulat positif secara umum dinyatakan dalam bentuk


  C.   Kompetensi Dasar : Menerapkan operasi pada bilangan irasional

Indikator :

1.      Bilangan bentuk akar dioperasikan sesuai dengan sifat-sifatnya.

2.      Bilangan bentuk akar disederhanakan atau ditentukan nilainya dengan menggunakan sifat-sifat bentuk akar

3.      Konsep bilangan irasional diterapkan dalam penyelesaian masalah


D.   Kompetensi Dasar : Menerapkan konsep logaritma

Indikator

1.      Operasi logaritma diselesaikan sesuai dengan sifat-sifatnya.

2.      Soal-soal logaritma diselesaikan dengan menggunakan tabel dan tanpa tabel

3.      Permasalahan program keahlian diselesaikan dengan menggunakan logaritma

 

Pengertian logaritma

Logaritma merupakan invers (kebalikan) dari perpangkatan. Misalkan a adalah bilangan positif (a > 0) dan g adalah bilangan positif yang tidak sama dengan 1 (g >0, g≠ 1), maka:

glog a = x jika hanya jika gx = a

 





 

 

 

 



  



 






 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


0 komentar:

Posting Komentar